PENGARUH
FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA DI
MADRASAH ALIYAH NEGERI PAGUAT
oleh:
Muzna Monoarfa
321408062
BAB
I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Dalam menjalankan
suatu aktivitas kita pasti memerlukan fasilitas yang memadai untuk
menunjang aktivitas tersebut. Fasilitas merupakan sarana yang penting
dalam melakukan sesuatu. Misalnya seorang sekretaris memerlukan
fasilitas berupa komputer, meja, bangku dan lain sebagainya untuk
menunjang pekerjaannya. Agar pekerjaan tersebut bisa berjalan lancar
sesuai yang diharapkan.
Demikian juga dalam
proses belajar mengajar, semua siswa dan pengajar pasti memerlukan
fasilitas yang menunjang dalam proses belajar mengajar. Minat belajar
siswa pasti akan menurun jika mengetahui fasilitas-fasilitas ini
tidak ada. Dan mereka mungkin tidak akan termotivasi untuk belajar.
Terlebih lagi dalam
belajar bahasa inggris. Tidak sedikit siswa yang malas bahkan tidak
mau belajar bahasa inggris. Kenapa ? karena mereka kurang berminat
dalam belajar bahasa inggris. Banyak alasan siswa tidak tertarik
dalam belajar bahasa inggris. Seperti, malas untuk menghapal
vocabulary atau kosa kata dalam bahasa inggris, susah dalam
mengucapkan kata-katanya, katanya bahasa inggris sulit dipahami dan
ditambah lagi jika tidak adanya fasilitas yang menunjang dalam kelas
yang mmbuat mereka termotivasi dalam belajar bahsa ibggris tersebut.
Mereka tidak akan tertarik jika fasilitas ini tidak ada. Itulah
beberapa faktor yang membuat sebagian siswa enggan belajar bahasa
inggris.
Oleh karena itu,
untuk mengetahui sejauh mana pengaruh fasilitas belajar terhadap
minat belajar siswa dalam proses pembelajaran bahasa inggris di
sekolah, penulis mencoba memaparkan makalah dengan judul pengaruh
fasilitas belajar terhadap minat belajar bahasa inggris di MAN
Paguat.
- RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah
dalam makalah ini adalah “Apakah fasilitas belajar mempengaruhi
minat belajar bahasa inggris siswa di MAN Paguat”?
- TUJUAN
Tujuan makalah ini
adalah untuk mengetahui apakah fasilitas belajar mempengaruhi minat
belajar bahasa inggris siswa di MAN Paguat.
- MANFAAT
Manafaat makalah ini
untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang pengaruh fasilitas
belajar terhadap minat belajar bahasa inggris siswa serta memberikan
kontribusi kepada peneliti lain yang akan melakukan penelitian
tentang hal ini.
BAB
II
PEMBAHASAN
Berbicara mengenai
Minat, berarti kita bicara tentang ketertarikan. Minat seseorang
berarti ketertarikan seseorang terhadap sesuatu. Sesuatu itu bisa
berbentuk apa saja. Seperti berminat dalam olahraga, seni, drama,
bisnis dan lain sebagainya.
Menurut kamus besar
bahasa Indonesia minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap
suatu gairah keinginan. Jadi minat itu sendiri bisa diartikan sebagai
kecenderungan jiwa yang relative menetap kepada diri seseorang dan
biasanya disertai dengan perasaan senang. Jika seseorang sudah
berminat terhadap sesuatu berarti dia akan sangat senang dan bahagi
melakukan hal itu. Dan hal itupun akan berlangsung dengan baik tanpa
adanya pemaksaan.
Dalam proses
belajarpun demikian, seorang siswa akan senang belajar apabila
minatnya ada. Seperti dalam belajar bahasa inggris, tidak semua orang
senang belajar bahasa inggris. Dalam sebuah artikel di internet
dituliskan bahwa ada beberapa cirri-ciri siswa yang berminat dalam
belajar yaitu: (1) Mempunyai kecenderungan yang tetap untuk untuk
memperhatikan dan mengenang sesuatu yang dipelajari secara terus
menerus. (2) Ada rasa suka dan senang pada sesuatu yang diminati. (3)
Memperoleh suatu kebanggaan dan kepuasan pada sesuatu yang diminati.
Ada rasa keterikatan pada sesuatu aktivitas-aktivitas yang
diminati.
(4) Lebih menyukai suatu hal yang menjadi minatnya daripada yang lainnya. (5) Dimanifestasikan melalui partisipasi pada aktivitas dan kegiatan.
(4) Lebih menyukai suatu hal yang menjadi minatnya daripada yang lainnya. (5) Dimanifestasikan melalui partisipasi pada aktivitas dan kegiatan.
Dari cirri-ciri
diatas kita bisa menyimpulkan bahwa minat seseorang sangat
berpengaruh terhadapa proses belajarnya. Selain cirri-ciri diatas ada
beberapa faktor yang bisa mempengaruhi minat belajar siswa salah
satunya adalah adanya fasilitas dalam belajar itu sendiri. Fasilitas
belajar disekolah adalah sejumlah sarana dan prasarana yang dapat
dipergunakan dalam kepentingan proses atau aktivitas belajar baik
secara langsung maupun tidak langsung di luar diri peserta didik yang
melengkapi diri mereka pada saat proses belajar-mengajar berlangsung.
Fasilitas –fasilitas
belajar itu seperti, meja, bangku, papan tulis, ruang kelas,
laboratorium, perpustakaan, media pembelajaran dan lain sebagainya.
Jika tidak ada semua fastilah tersebut, maka proses belajar mengajar
tidak akan berlangsung dengan baik. Terlebih lagi dalam pengajaran
bahasa inggris pastilah membutuhkan media-media yang banyak dalam
pengajarannya.
Di MAN Paguat itu
sendiri minat belajar bahasa inggris siswa sangat kurang dikarena kan
kurangnya fasilitas belajar yang ada disekolah itu. Menurut wawancara
penulis dengan guru yang ada di sekolah tersebut, fasilitas-fasilitas
yang ada disana sangatlah minim. Ada beberapa fasilitas yang ada,
tapi sudah rusak dan tidak layak untuk digunakan lagi. Seperti
Laboratorium, bangku, meja dan lainnya
Para siswa yang ada
disekolah tersebut hampir sebagian besar tidak ada yang mempunyai
ketertarikan dalam belajar bahasa inggris. Ada beberapa faktor yang
membuat mereka kurang berminat diantaranya: mereka malas menghapal
kosa kata dalam bahasa inggris, susah untuk mereka mengucapkan
kata-kata dalam bahasa inggris ditambah lagi kurangnya fasilitas yang
ada di sekolah tersebut.
Di sekolah itu
terdapat fasilitas-fasilitas tapi sangat minim, kata guru bahasa
inggris tersebut ada laboratorium bahasa tapi tidak berfungsi dengan
baik. Semua alat-alat didalamnya rusak total. Jadi sangatlah sulit
bagi guru dalam mengajar akhirnya guru jarang masuk dan siswapun
menjadi berkurang minatnya dalam belajara bahasa inggris. Sebagai
contoh Jika pembelajaran listening berlangsung, mereka sangatlah
sulit dalam mendengar karena hanya menggunakan media seadanya seperti
tape dan lain sebagainya. Jadi pembelajaran tidak maksimal dan siswa
bertambah malas belajar.
Minat sangat besar
pengaruhnya terhadap hasil belajar, karena apabila minat siswa
berkurang otomatis siswa itu tidak akan belajar dengan baik, sebab
itu tidak menarik baginya. Siswa akan malas belajar dan tidak akan
mendapatkan kepuasan dari pelajaran itu. Kurangnya fasilitas membuat
minat siswa menjadi berkurang bahkan tidak ada. Jika semua fasilitas
itu akan ada, tidak menutup kemungkinan siswa akan senang belajar dan
akan menjadi
berprestasi dengan cara memaksimalkan pemanfaatan fasilitas belajar
yang ada di sekolah
seperti memanfaatkan perpustakaan sekolah, ruang praktek,
laboratorium computer dan sebagainya untuk mencapai prestasi yang
lebih baik.
BAB
III
PENUTUP
- Kesimpulan
Dari hasil makalah
diatas dapat disimpulkan bahwa diajukan beberapa saran antara
lain
Kepada pihak sekolah agar selalu memperbaiki serta meningkatkan fasilitas
sekolah yang ada terutama fasilitas yang mendukung proses
pembelajaran siswa seperti media pembeljaran agar dapat melancarkan
proses belajar mengajar.
- Saran
Demikian makalah ini
dibuat, lebih dan kuarangnya penulis mohon maaf, kritik dan sarannya
sangat diharapkan untuk perbaikan makalah-makalah selanjtnya kedepan
nantinya. Terima kasih atas semua partisipasinya.
DAFTAR
PUSTAKA
SS,
Daryanto. 1998. Kamus
lengkap bahasa Indonesia.
Apollo: Surabaya
No comments:
Post a Comment