Monday, February 4, 2013

Makalah Capita Selecta


PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PAGUAT

oleh:
Muzna Monoarfa
321408062


BAB I
PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG
Dalam menjalankan suatu aktivitas kita pasti memerlukan fasilitas yang memadai untuk menunjang aktivitas tersebut. Fasilitas merupakan sarana yang penting dalam melakukan sesuatu. Misalnya seorang sekretaris memerlukan fasilitas berupa komputer, meja, bangku dan lain sebagainya untuk menunjang pekerjaannya. Agar pekerjaan tersebut bisa berjalan lancar sesuai yang diharapkan.
Demikian juga dalam proses belajar mengajar, semua siswa dan pengajar pasti memerlukan fasilitas yang menunjang dalam proses belajar mengajar. Minat belajar siswa pasti akan menurun jika mengetahui fasilitas-fasilitas ini tidak ada. Dan mereka mungkin tidak akan termotivasi untuk belajar.
Terlebih lagi dalam belajar bahasa inggris. Tidak sedikit siswa yang malas bahkan tidak mau belajar bahasa inggris. Kenapa ? karena mereka kurang berminat dalam belajar bahasa inggris. Banyak alasan siswa tidak tertarik dalam belajar bahasa inggris. Seperti, malas untuk menghapal vocabulary atau kosa kata dalam bahasa inggris, susah dalam mengucapkan kata-katanya, katanya bahasa inggris sulit dipahami dan ditambah lagi jika tidak adanya fasilitas yang menunjang dalam kelas yang mmbuat mereka termotivasi dalam belajar bahsa ibggris tersebut. Mereka tidak akan tertarik jika fasilitas ini tidak ada. Itulah beberapa faktor yang membuat sebagian siswa enggan belajar bahasa inggris.
Oleh karena itu, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa dalam proses pembelajaran bahasa inggris di sekolah, penulis mencoba memaparkan makalah dengan judul pengaruh fasilitas belajar terhadap minat belajar bahasa inggris di MAN Paguat.


    1. RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah dalam makalah ini adalah “Apakah fasilitas belajar mempengaruhi minat belajar bahasa inggris siswa di MAN Paguat”?
    1. TUJUAN
Tujuan makalah ini adalah untuk mengetahui apakah fasilitas belajar mempengaruhi minat belajar bahasa inggris siswa di MAN Paguat.
    1. MANFAAT
Manafaat makalah ini untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang pengaruh fasilitas belajar terhadap minat belajar bahasa inggris siswa serta memberikan kontribusi kepada peneliti lain yang akan melakukan penelitian tentang hal ini.


BAB II
PEMBAHASAN

Berbicara mengenai Minat, berarti kita bicara tentang ketertarikan. Minat seseorang berarti ketertarikan seseorang terhadap sesuatu. Sesuatu itu bisa berbentuk apa saja. Seperti berminat dalam olahraga, seni, drama, bisnis dan lain sebagainya.
Menurut kamus besar bahasa Indonesia minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap suatu gairah keinginan. Jadi minat itu sendiri bisa diartikan sebagai kecenderungan jiwa yang relative menetap kepada diri seseorang dan biasanya disertai dengan perasaan senang. Jika seseorang sudah berminat terhadap sesuatu berarti dia akan sangat senang dan bahagi melakukan hal itu. Dan hal itupun akan berlangsung dengan baik tanpa adanya pemaksaan.
Dalam proses belajarpun demikian, seorang siswa akan senang belajar apabila minatnya ada. Seperti dalam belajar bahasa inggris, tidak semua orang senang belajar bahasa inggris. Dalam sebuah artikel di internet dituliskan bahwa ada beberapa cirri-ciri siswa yang berminat dalam belajar yaitu: (1) Mempunyai kecenderungan yang tetap untuk untuk memperhatikan dan mengenang sesuatu yang dipelajari secara terus menerus. (2) Ada rasa suka dan senang pada sesuatu yang diminati. (3) Memperoleh suatu kebanggaan dan kepuasan pada sesuatu yang diminati. Ada rasa keterikatan pada sesuatu aktivitas-aktivitas yang diminati.
(4) Lebih menyukai suatu hal yang menjadi minatnya daripada yang lainnya. (5) Dimanifestasikan melalui partisipasi pada aktivitas dan kegiatan.
Dari cirri-ciri diatas kita bisa menyimpulkan bahwa minat seseorang sangat berpengaruh terhadapa proses belajarnya. Selain cirri-ciri diatas ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi minat belajar siswa salah satunya adalah adanya fasilitas dalam belajar itu sendiri. Fasilitas belajar disekolah adalah sejumlah sarana dan prasarana yang dapat dipergunakan dalam kepentingan proses atau aktivitas belajar baik secara langsung maupun tidak langsung di luar diri peserta didik yang melengkapi diri mereka pada saat proses belajar-mengajar berlangsung.
Fasilitas –fasilitas belajar itu seperti, meja, bangku, papan tulis, ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, media pembelajaran dan lain sebagainya. Jika tidak ada semua fastilah tersebut, maka proses belajar mengajar tidak akan berlangsung dengan baik. Terlebih lagi dalam pengajaran bahasa inggris pastilah membutuhkan media-media yang banyak dalam pengajarannya.
Di MAN Paguat itu sendiri minat belajar bahasa inggris siswa sangat kurang dikarena kan kurangnya fasilitas belajar yang ada disekolah itu. Menurut wawancara penulis dengan guru yang ada di sekolah tersebut, fasilitas-fasilitas yang ada disana sangatlah minim. Ada beberapa fasilitas yang ada, tapi sudah rusak dan tidak layak untuk digunakan lagi. Seperti Laboratorium, bangku, meja dan lainnya
Para siswa yang ada disekolah tersebut hampir sebagian besar tidak ada yang mempunyai ketertarikan dalam belajar bahasa inggris. Ada beberapa faktor yang membuat mereka kurang berminat diantaranya: mereka malas menghapal kosa kata dalam bahasa inggris, susah untuk mereka mengucapkan kata-kata dalam bahasa inggris ditambah lagi kurangnya fasilitas yang ada di sekolah tersebut.
Di sekolah itu terdapat fasilitas-fasilitas tapi sangat minim, kata guru bahasa inggris tersebut ada laboratorium bahasa tapi tidak berfungsi dengan baik. Semua alat-alat didalamnya rusak total. Jadi sangatlah sulit bagi guru dalam mengajar akhirnya guru jarang masuk dan siswapun menjadi berkurang minatnya dalam belajara bahasa inggris. Sebagai contoh Jika pembelajaran listening berlangsung, mereka sangatlah sulit dalam mendengar karena hanya menggunakan media seadanya seperti tape dan lain sebagainya. Jadi pembelajaran tidak maksimal dan siswa bertambah malas belajar.
Minat sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar, karena apabila minat siswa berkurang otomatis siswa itu tidak akan belajar dengan baik, sebab itu tidak menarik baginya. Siswa akan malas belajar dan tidak akan mendapatkan kepuasan dari pelajaran itu. Kurangnya fasilitas membuat minat siswa menjadi berkurang bahkan tidak ada. Jika semua fasilitas itu akan ada, tidak menutup kemungkinan siswa akan senang belajar dan akan menjadi berprestasi dengan cara memaksimalkan pemanfaatan fasilitas belajar yang ada di sekolah seperti memanfaatkan perpustakaan sekolah, ruang praktek, laboratorium computer dan sebagainya untuk mencapai prestasi yang lebih baik.

BAB III
PENUTUP
    1. Kesimpulan
Dari hasil makalah diatas dapat disimpulkan bahwa diajukan beberapa saran antara lain Kepada pihak sekolah agar selalu memperbaiki serta meningkatkan fasilitas sekolah yang ada terutama fasilitas yang mendukung proses pembelajaran siswa seperti media pembeljaran agar dapat melancarkan proses belajar mengajar.
    1. Saran
Demikian makalah ini dibuat, lebih dan kuarangnya penulis mohon maaf, kritik dan sarannya sangat diharapkan untuk perbaikan makalah-makalah selanjtnya kedepan nantinya. Terima kasih atas semua partisipasinya.


DAFTAR PUSTAKA

SS, Daryanto. 1998. Kamus lengkap bahasa Indonesia. Apollo: Surabaya


No comments:

Post a Comment